Wednesday, 8 July 2015

Resep: Kue Lidah Kucing Crispy

Hai baker-baker rumahan, buibu dan gadis-gadis yang doyan masak!

Adakah yang akhir-akhir ini makin rempong di dapur? Bikin kue kering misalnya? Tapi asik kali yaa bikin kue trus dirusuhin sama anak-anaknya, seru-seru greget! Yaiy! Pokonya selamat bercemong-cemong ria buat palswati sekalian yang lagi asyik di dapur dan dirusuhin sama unyil-unyil unyunya.

Kemaren-kemaren aku bener-bener udah ngerasa puas banget bikin kuenya, lah gimana enggak, dari bikin adonan trus nyetakin sampai manggang dikerjain cuman semalem doang. Tidur sekitar jam dua malem tapi untung masih sempet kebangun buat sahur jam setengah lima. Ah tapi kan itu belum seberapa sama yang ngejar orderan sampe gak tidur-tidur :')

Hasil dari satu malam gencatan senjata bikin kue lidah kucing cuman jadi satu toples dan gak penuh-penuh amat (karena sisanya gagal) hihihi. Tapi lumayan banget lah karena proses pembuatannya lebih cepat daripada bikin nastar. Walaupun sebenernya agak lama pas bikin adonan putihnya T_T


Yaudah daripada kebablasan curcolnya yukmari disimak proses pembuatan kue lidah kucing ala DARIDAN!!!


Bahan:
12 butir telur putih
350 gr margarin
300 gr gula halus
400 gr tepung terigu
50 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilli
1 sdm coklat bubuk

Cara Membuat
1. Kocok margarin dan 200 gr gula halus hingga menyatu dan lembut menggunakan mixer.
2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, dan vanilli di wadah yang terpisah, aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.
3. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan margarin lalu aduk hingga rata.
4. Kocok putih telur menggunakan mixer kecepatan tinggi, garam dan sisa gula halus hingga mengembang kaku

butuh waktu lebih dari 2 jam pengocokan sampai benar-benar kaku
5. Masukkan adonan putih ke dalam adonan kuning sedikit demi sedikit dan aduk dengan sendok kayu hingga rata.


6. Tuang adonan ke dalam plastik segitiga lalu potong ujungnya


7. Ambil tiga sendok makan adonan lalu campurkan dengan pasta bubuk dan masukkan ke dalam plastik segitiga.

8. Semprotkan adonan di atas loyang yang sudah dilapisi margarin

duh saya agak kurang konsisten kalo soal bentuk :v
9. Panggang menggunakan api sedang hingga kue berwarna kuning kecoklatan

*utuk porsi 1,5 kg*

Huhuhuu sori buibu gak bisa ngira-nggira nih kuenya dipanggang dalam temperatur berapa derajat, karena gak pake oven listrik. Di sini kalo pake oven listik malem-malem kadangan sekringnya suka njeplak-njeplak sendiri gitu..sedih deeehhh :')

Oh iyaa..
Kalo di rumah nda ada persediaan plastik segitiga kita juga bisa pake plastik es batu kok yang penting ujungnya bisa dipotong. Cuman yaa gitu, tekstur plastiknya agak kurang kaku dibanding plastik segitiga.

Bagi buibu yang kepengen curhat atau nanya seputaran kue lidah kucing bisa ditulis di kolom komentar, nanti saya bantu sebisanya dehh :)


Yosh!
Selamat berbaking! 
Selamat memasak!


Wednesday #Strawbary
by DAN
Comments
40 Comments

40 comments:

  1. Teringat jaman belum ada loyang lidah kucing gini, ibuku selalu uring2an kalau bikin karena mleber :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi aku aja yang udah pake loyang masih suka mleber-mleber mak karena adonannya gak pas :'D

      Delete
  2. keren nih mba, ngocoknya pake tangan ya? saya ga sesabar itu apalagi kalo anak2 minta ini itu di sela2 bikin kue...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi lucu-lucu greget pesti ya mak :)
      ngocok telurnya pake mixer mak, cuman nyampurin adonan tepung dengan telurnya cukup diaduk aja :)

      Delete
  3. putih telurnya kok banyak bingit mba dan 20 butir?
    itu jadi berapa toples dg takaran bahan sgitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya masya Alloh iya banyak banget yakkk T_T
      udah dibenerin tuh mba hand.. maap ini mah heheheee

      Delete
    2. Hehehe gpp mba, kebetulan lagi nyari resep buat lidah kucing juga jadi rada kepo hehe...

      Delete
    3. wih mba hand pasti jago masak yaa :D

      Delete
  4. Ini kue kering favorit semua. Haha... apalgi namanya ada kucing-kucingnya. Wkwkw.. Aku pernah denger bikin ini susah. Rawan hancur. Eh, tapi kalau lihat resep kamu jadi kelihatan mudah ya?

    Aku kalau lebaran di rumah jadi anaknya mama yang ngebantuin dong, bukan ngerusuh hihhi.. dulu sih pas masih kecil, suka nyolekin adonan. Dimakan. Belum lagi pas udah mau nyetak, ngambill segenggam, aku bentuk sendiri. Entar pas langsung dimakan.

    Aku bikin kue coklat. Mirip kaya Good Time, tapi yaa resepnya sendiri sih. Coklatnya kerasa dan nggak eneg. Andalan mama, besok kalau udah berkeluarga, resep itu bakal aku terusin. Resep warisan. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ekekekek saras 008 dateng :D
      iya ini aku bikin yang versi agak tebel biar gak gampang hancur, terigunya dibanyakin menteganya didikitin. Susunya kurang banyak jadi kurang gurih grrrr

      lah sama aku juga dulu pas kecil kek gitu xD

      aciaaa... semoga mertua kita kelak beruntung yach ngunduh mantu kayak kitaaa :3

      Delete
  5. Replies
    1. huhuhu iya mak luama mbuanget T_T
      tapi kayaknya ini tergantung sama tekstur putih telurnya deh, kalo teksturnya lebih kentel dia lebih cepet kaku ((kayaknya)) :D

      Delete
  6. pernah bikin kuelidah kucing dan gagal ...pas di oven jadi meleber kuenya setelah itu belum pernah nyoba lagi , takut gagal lagi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba komposisi margarinnya dikurangin mak, trus tambahin terigunya sedikit, hayuk dicoba lagi mak jangan putus asa :D

      Delete
  7. Aaaaaaakkkk makanan favorit gue pas lebaran ini. Kini sudah tak pernah ada lagi di rumah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri aja lagi bo, gampang kan bikinnya :D

      Delete
  8. belom pernah buat ini... tapi makannya doyaan bingiittt

    ReplyDelete
  9. bisa dicontek nih resepnya mak, makasih infonya ya

    ReplyDelete
  10. perlu nyoba bikin kue lidah kucing, mau nyontek dulu resepnya :)

    ReplyDelete
  11. makasih mba resepnya, bisa nih buat besok lebaran :D

    ReplyDelete
  12. wah ini porsi banyak ya, telurnya aja 12 :D, jatah telur 1 minggu cuma 10 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba dona, kalo gak lebaran aku juga gak belanja telur banyak-banyak kok :v

      Delete
  13. waah... saya suka nih sama kue lidah kucing :)

    ReplyDelete
  14. Makanan indonesia namanya selalu absurd, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi gak heran kalo orang Indonesia banyak pula yang absurd :D

      Delete
  15. kebayang deh kue lidah kucing itu crispy banget

    ReplyDelete
  16. akuu sukaaaa bgt ni lidah kucing
    manis tp gurih, hmmmm pengen bisa bikinn

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Aduh mak derita ibu-ibu apa pula itu T_T
      baiklah saya akan kasih tauc ara termurah nan termudahnya...
      pinjem ke tetangga sebelah aja mak :D

      Delete

Habis baca jangan lupa tinggalkan komentar ya ;)

 
Copyright © 2015 Daridan Veins. Powered by Blogger.